Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Darud Da’wah wal Irsyad (STKIP DDI) Pinrang adalah salah satu sekolah tinggi milik Yayasan Perguruan DDI yang berdiri di Kabupaten Pinrang pada tanggal 17 November 2006 melalui SK Mendikbud RI Nomor 265/D/0/2006. Struktur organisasi STKIP DDI Pinrang terdiri atas: (1) Unsur Pimpinan (ketua) dan (wakil ketua); (2) Manajemen Institusi; (3) Staf akademik; (4) Unit-unit Pelaksana; (5) Ketua Program Studi. STKIP DDI Pinrang mempunyai 1 Jurusan, dan 2 Program Studi, yaitu Pendidikan Matematika dan Pendidikan Fisika serta tiga lembaga perguruan tinggi yang aktif yakni: LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat), LPM (Lembaga Penjaminan Mutu), dan Lembaga Pusat Karir. Proses pengembangan perguruan tinggi dari tahun ke tahun dengan pimpinan perguruan tinggi yang berbeda, tetap dilakukan dengan berbagai upaya peningkatan kualitas sumaberdaya manusia terutama dosen dan mahasiswa. Seiring dengan berjalannya waktu STKIP DDI Pinrang tetap eksis dalam pengembangan perguruan tinggi yang mampu melakukan sinergitas dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah Pinrang. Sehingga para lulusan atau alumni STKIP DDI Pinrang tetap diperhitungkan oleh pemerintah sebagai tenaga pendidik di berbagai sekolah dan instansi lainnya.
Rekrutmen mahasiswa baru di STKIP DDI dilakukan melalui Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB). Mahasiswa baru berasal dari wilayah se-Ajattapareng (Parepare, Sidrap, Pinrang, Barru, dan Soppeng) dan juga berasal dari berbagai kabupaten/kota diluar dari pulau sulawesi, walaupun masih didominasi oleh pendaftar lokal yaitu dari kabupaten Pinrang. Jumlah pendaftar mahasiswa baru STKIP DDI sejak tahun 2018/2019 sampai dengan 2020/2021 cenderung mengalami peningkatan.
Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Fisika telah melakukan akreditasi dengan perolehan masing-masing baik. Masa akreditasi Pendidikan Matematika masih berlaku sampai dengan tahun 2022, sedangkan masa akreditasi Pendidikan Fisika berlaku sampai dengan tahun 2014. Perolehan nilai akreditasi kedua program studi ini perlu ditingkatkan pada saat reakreditasi ke depan. Selama 3 tahun terakhir rata-rata masa studi yang ditempuh mahasiswa adalah 4 tahun. IPK rata-rata lulusan adalah selama 3 tahun terakhir adalah 3,34. Sumberdaya Dosen di STKIP DDI berjumlah 24 orang dengan perincian 14 orang dosen tetap dan 10 orang dosen tidak tetap, dimana dosen memiliki jenjang pendidikan strata S2 dan S3. Untuk sarana ruang belajar/kelas berjumlah 16 ruang masing-masing 6 ruangan untuk Program Studi Pendidikan Matematika dan 6 ruangan untuk Program Studi Pendidikan Fisika serta ruangan pimpinan, lembaga, staf administrasi, perpustakaan, laboratotium fisika dan matematika sebanyak 11 ruangan. Gedung kampus yang diperuntukkan untuk kantor dan kelas adalah milik sendiri.
Bagian ini memuat informasi mengenai profil perguruan tinggi antara lain profil mahasiswa, profil lulusan, profil SDM, profil sarana dan prasarana, serta kegiatan pendidikan dan hasilnya yang dinyatakan dalam indikator kinerja.
Perubahan struktural dalam sistem pendidikan tinggi yang sehat diharapkan secara efektif dapat menghasilkan pendidikan tinggi yang bermutu, peningkatan akses dan equitas serta peran serta masyarakat, otonomi dengan akuntabilitas yang baik dan mempunyai tanggung jawab sosial. Perguruan tinggi saat ini dihadapkan pada peluang dan sekaligus tantangan global dengan lingkungan dan tatanan yang terus berubah dengan cepat. Di dalam masyarakat masa depan, ilmu pengetahuan diyakini akan menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Penguasaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan yang bertanggung jawab merupakan peluang dan tantangan yang memerlukan tanggapan secara cepat dengan berbagai langkah strategis.